Tower Streaming
Masuk untuk tunanetra silahkan gunakan username edukasi dan password bpmrp, username edukasi dan password bpmrp Daftar

Masuk

Rumah Tradisional Batak Toba

Ditulis oleh  Selasa, 31 Januari 2012 14:45

Insan Edukasi, Indonesia memiliki banyak sekali rumah tradisional yang unik dan berbeda untuk setiap daerah. Edisi ini, kita akan mengetahui lebih jelas salah satu rumah tradisional masyarakat Batak Toba, Sumatera Utara.

Rumah tradisional Batak Toba disebut Rumah Bolon, bentuknya persegi panjang dan dapat dihuni oleh 5 sampai 6 keluarga. Untuk masuk ke rumah kita harus menaiki tangga yang terletak di tengah rumah, dengan berbagai anak tangga ganjil. Jika orang ingin masuk ke rumah Batak Toba, harus menundukkan kepala agar tidak terbentur pada balok melintang. Ini berarti pengunjung harus menghormati pemilik rumah.

Dasar rumah acap kali dibangun setinggi 1.75 meter di atas tanah, dan bagian bawah digunakan untuk kandang babi, ayam, dan sebagainya. Pintu rumah memiliki dua jenis daun pintu, yaitu daun pintu horisontal dan vertikal. Namun sekarang, daun pintu horisontal tidak digunakan lagi. Ruangan di rumah tradisional adalah sebuah ruang terbuka tanpa kamar-kamar, walaupun di situ didiami beberapa keluarga, tetapi itu tidak berarti tidak ada pembagian area, karena ini disesuaikan dengan pembagian kediaman dari rumah tersebut yang diatur oleh adat mereka yang kuat.

Ruangan yang berada tepat di sudut belakang disebut "jabu bong", dihuni oleh anggota keluarga tertinggi di rumah tersebut atau "porjabu bong", dengan seorang istri dan anak-anak yang tidak sedikit. Ruangan ini sebelumnya dianggap paling sakral. Di dalam sudut kiri atas untuk berurusan dengan Jabu Bong dikenal sebagai "jabu soding", diperuntukkan bagi wanita yang sudah menikah namun belum memiliki rumah sendiri. Di bagian depan sudut kiri dikenal sebagai "jabu suhat", diperuntukkan bagi anak laki-laki tertua yang berkeluarga. Dan di bagian luarnya adalah "slap plate" yang disediakan bagi tamu-tamu. Ketika satu keluarga besar membutuhkan tempat di antara dua ruangan atau jabu yang melekat, maka ruangan itu bertambah 2 lagi dan dinamai "jabu tonga ni-ronga jabu hue".

Setiap rumah tangga memiliki dapur sendiri, yang terletak di belakang rumah, dalam jenis bangunan tambahan. Di antara dua deretan ruangan yang ada di seluruh rumah merupakan daerah netral, yang dikenal sebagai danau dan berfungsi sebagai tempat bermusyawarah. Bangunan yang berbeda seperti halnya sebuah rumah adalah rumah sopo, yang berasal dari gudang untuk menyimpan, kemudian didiami. Variasi untuk rumah ini adalah sopo berlantai dua, hanya memiliki satu baris pilar dan ruang terbuka bawah tanpa dinding yang berfungsi untuk bermusyawarah, selain orang asing, dan tempat untuk bermain musik. Di depan rumah, terdapat ciri tradisional dengan rentang geografis dan motif spiral serta ornamen dalam jenis wanita menyusui yang juga dikenal sebagai "adep-adep". Ornamen ini melambangkan kesuburan dan kesatuan kehidupan.

Rumah yang pada dasarnya paling banyak dekorasi/hiasan disebut Gorga. Hiasan lain yang dikenal adalah motif pakis nipahu, dan rotan berduri yang juga dikenal sebagai mardusi terdapat pada dinding sebelah atas pintu masuk. Di sudut-sudut rumah, terdapat hiasan gajah yang dikemas secara padat, wajah bermotif binatang buas, memiliki maksud untuk melawan bencana. Demikian pula, pola binatang ornamen kadal, kepala singa, yang berarti untuk menafikan resiko sihir-sihir dari luar. Dekorasi ini adalah jenis ukiran yang diwarnai, namun ada juga yang bentuknya ilustrasi saja.

Rumah tradisional Batak Toba didasarkan pada pengoperasiannya dapat dibedakan menjadi 2, yaitu sebagai rumah yang digunakan untuk penampungan rumah tangga disebut "ruma", dan sebagai rumah yang digunakan sebagai tempat penyimpanan (lumbung) yang dikenal sebagai Sopo. Pasokan yang disimpan ini termasuk kayu bangunan dengan pilar-pilar besar dan kokoh. Dinding terbuat dari papan, lantai juga dari papan, sedangkan atap terbuat dari serat. Jenis rumah tradisional Batak Toba secara tipikal adalah jenis atap melengkung dan tepian atap di depan. (ssn)

 

Terjemahan dari www.gobatak.com

 

 

 

 

 

Telah di Lihat 2463 kali

Komentar  

 
# Guest 2014-03-22 16:27
This comment has been deleted by Administrator
 

Tambah Komentar


keamanan
Perbaharui

pustekkomtve rumah belajar m-edukasi.net bse jardiknas kemdiknas