Tower Streaming
Masuk untuk tunanetra silahkan gunakan username edukasi dan password bpmrp, username edukasi dan password bpmrp Daftar

Masuk

Siapa Pencipta Mesin Bersuara?

Ditulis oleh  Selasa, 18 Oktober 2011 14:09

Insan Edukasi, bila kita menelpon seseorang (baik melalui telepon kabel atau telepon genggam) dan tidak terhubung, seringkali terdengar suara merdu seorang perempuan dari ujung telepon seperti ini: "Anda terhubung dengan layanan kotak suara. Silakan rekam pesan Anda setelah terdengar bunyi beep." Sejak kapan alat perekam dan pemutar ulang suara itu ada? Siapa penemunya?

Suatu hari di Menlo Park, Thomas Alfa Edison menciptakan penemuan besar pertamanya, yaitu timah fonograf. Sementara bekerja untuk meningkatkan efisiensi pemancar telegraf, ia mencatat bahwa mesin perekam menebarkan suara menyerupai kata yang diucapkan, ketika dimainkan pada kecepatan tinggi. Hal ini menyebabkan ia bertanya-tanya apakah ia bisa merekam sebuah pesan telepon. Ia mulai bereksperimen dengan diafragma dari penerima telepon dengan melampirkan jarum di situ. Dia beralasan bahwa jarum bisa menusuk pita kertas untuk merekam pesan. Percobaan itu mengantarkannya untuk mencoba stylus pada silinder kertas timah, yang sangat membuatnya terkejut, yaitu mampu memutar ulang sebuah pesan singkat yang ia rekam: "Maria mempunyai seekor anak domba kecil".

Kata "fonograf" adalah nama dagang untuk perangkat ciptaan Edison, yang memainkan silinder, dan bukan cakram. Mesin ini mempunyai dua jarum: satu untuk merekam dan satu untuk memutar ulang. Ketika Anda berbicara ke mikrofon, getaran suara Anda akan menjorok ke silinder dengan jarum rekaman. Fonograf silinder ini adalah mesin pertama yang dapat merekam dan mereproduksi suara. Ia menciptakan sensasi serta membawa Edison tenar di kancah internasional.

12 Agustus 1877 adalah tanggal yang secara populer diberikan untuk penyelesaian model fonograf pertama Edison. Hal ini lebih mungkin, bagaimanapun, bahwa pengerjaan model tersebut belum selesai sampai November atau Desember tahun itu, karena dia tidak mengarsipkan paten sampai 24 Desember 1877. Dia berkeliling negara dengan fonograf kertas timah, dan diundang ke Gedung Putih untuk menunjukkan kepada Presiden Rutherford B. Hayes pada April 1878.

Pada tahun 1878, Thomas A. Edison mendirikan Perusahaan Fonograf Berbicara Edison untuk menjual mesin barunya itu. Dia menyarankan manfaat fonograf lainnya, seperti: menulis surat dan dikte, buku bersuara untuk orang buta, catatan keluarga (merekam anggota keluarga dengan suara mereka sendiri), kotak musik dan mainan, jam yang mengumumkan waktu, dan koneksi dengan telepon sehingga komunikasi dapat direkam.(ssn)

Telah di Lihat 1627 kali

Tambah Komentar


keamanan
Perbaharui

pustekkomtve rumah belajar m-edukasi.net bse jardiknas kemdiknas